Minggu, 15 Mei 2016

Wisata Air Terjun Sedudo

pintu masuk
Kamu anak Nganjuk? Jangan ngaku anak Nganjuk kalau gak tau dengan SEDUDO!!! Iya sedudo. Tempat yang gak asing bagi anak-anak Nganjuk. Kok bisa? Jelas bisa. Sedudo merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Ngliman Sawahan Nganjuk. Air Terjun Sedudo merupakan salah satu wisata populer dan
andalan di kota Nganjuk. Kepopuleran dan keindahannya mampu memikat banyak wisatawan. untuk datang.

Dikarenakan Air Terjun Sedudo merupakan wisata andalan, maka fasiltas yang dimiliki terbilang memadai bahkan akses jalan menuju kawasan Air Terjun Sedudo juga sudah baik dan beraspal. Namun pengunjung tetap diharapkan waspada dan hati-hati mengingat Air Terjun Sedudo ini berada di daerah pegunungan wilis dengan ketinggian sekitar 1438m dari permukaan air laut dan ketinggian mencapai 105 m. Selain itu kondisi jalan juga berkelok-kelok, menanjak dan curam. Disarankan pengemudi benar-benar ahli mengemudi dan dalam kondisi yang fit. Dibawah ada penyewaan kendaraan umum jika memang dibutuhkan.

 
tiket masuk
Untuk harga tiket masuk, baik pengunjung dewasa maupun anak-anak dikenakan tarif Rp. 10.000. untuk biaya parkir sepeda motor Rp. 2000 dan untuk mobil Rp. 5000. Pembayaran tiket masuk bisa dilakukan digerbang utama. Usai dari gerbang utama, pengunjung harus masih naik sekitar 2km untuk sampai di pos penjagaan atau tempat parkir. Dari sini, pengunjung harus menuruni tangga untuk sampai di pelataran air terjun.
tangga menuju pelataran air terjun
Semua rasa lelah selama perjalanan yang cukup panjang, akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang mengalir dari atas tebing. Pengunjung bisa mandi atau hanya sekedar bermain air dibawah gerojokan Air Terjun Sedudo tersebut.
Konon katanya, Air Terjun ini ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Air ini tidak akan pernah kering dan merupakan tempat pemandian para dewa. Diceriakan bahwasanya siapa saja yang mandi disini akan awet muda.
mandi Sedudo
PemKab Nganjuk sendiri juga mengadakan ritual rutin setiap tanggal 1 Suro yang dinamakan dengan ritual mandi Sedudo. Dan setiap kali pengadaan ritual ini, Sedudo selalu ramai dengan pengunjung. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain mitos tersebut ada juga larangan yang harus dihindari oleh pengunjung seperti dilarang membawa benda-benda temuan disekitar kawasan air terjun, dilarang berbuat mesum dan lain sebagainya. Apabila larangan tersebut dilakukan, menurut warga setempat akan datang bahaya.

Wawallahu aklam. Terlepas dari semua cerita yang beredar, sebagai pengunjung sudah sebaiknya kita menjaga kelestarian alam. Agar alam memberi manfaat bagi kita dan anak cucu kita kelak.











>

0 komentar:

Posting Komentar