Senin, 16 Mei 2016

Wisata Candi Ngetos



Yang suka dengan sejarah atau budaya, gak perlu deh jauh-jauh ke Jawa Tengah dan lain sebagainya. Kenali dulu yuk yang ada di Nganjuk. Nganjuk juga punya lho wisata yang berkenaan dengan sejarah. Tempat ini cocok banget untuk wisata, belajar dan mengenal sejarah. Yuk kita merapat di Candi Ngetos.


Candi Ngetos merupakan bangunan bersejarah di Nganjuk tepatnya di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, terletak di bagian selatan Kota Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Candi ngetos merupakah salah satu wisata budaya yang wajib dikunjungi. Bangunan candi ini merupakan peninggalan Zaman kerajaaan Majapahit. Tepatnya pada abad ke XV. Konon ceritanya candi ini merupakan tempat pemakaman Raja Hayam Wuruk raja dari Majapahit.
Raja Hayam Wuruk merupkan seorang Raja yang diceritakan bijaksana dan merupakan raja yang tersohor sebab saat ia berkuasa, ia dapat mempersatukan Nusantara. Dia lahir tahun 1334. kelahirannya dibarengi dengan peristiwa gempa bumi di Pabanyu Pindah dan meletusnya Gunung Kelud. Tahun kelahirannya pun sama ketika Sang patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Sumpah yang membawa Majapahit berada di zaman keemasan dengan menyaktukan Nusantara. Arti nama Hayam Wuruk sendiri adalah "ayam yang terpelajar".

Gimana gak tertarikkah untuk mengetahui sejarah Candi Ngetos lebih dalam lagi? Yuk belajar sambil jalan-jalan. Yang ingin datang, tidak perlu resah jalan. Sebab Candi Ngetos terdapat di pinggir jalan yang beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Kondisi jalan juga baik dan dilalui banyak pengguna jalan. yang perlu kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagi makhluk yang berbudaya, yuk kenali budaya dan sejarah-sejarah bangsa dan kita jaga keberadaannya. Agar kelak dapat meninggalkan jejak untuk generasi selanjutnya.



0 komentar:

Posting Komentar