Senin, 16 Mei 2016

Wisata Goa Margotrisno



Pintu jalan menuju Goa Margotrisno


Goa Margotrisno merupakan salah satu asset pariwisata yang dimiliki Kab.Nganjuk. Goa ini terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu.
Untuk mencapai goa ini, dapat ditempuh dengan jalan kaki dari area parkir. Perjalanan yang cukup melelahkan. Namun disekitar gua memilki panorama yang indah dan sejuk nan alami. Goa ini terkesan horror sebab terletak di tengah-tengah belantara hutan jati pegunungan Kendeng. Terlebih lagi keadaan goa yang gelap gulita dan suara ribuan kelelawar yang menggema ditelinga. Memasuki area goa pengunjung akan mendapati sendang yang diberi nama Ubalan.


Menurut cerita, konon siapa yang ingin rumah tangganya langgeng hendaknya mandi di ubalan tersebut dan ngalab barakah di gua tersebut. Makanya tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih lagi biaya masuk yang ditawarkan cukup murah. Hanya berkisar Rp. 3000/orang baik anak-anak atau dewasa untuk hari biasa.
Diceritakan juga bahwa di dalam gua terdapat lorong yang bisa tembus sampai Bojonegoro dan Tuban. Goa ini dijadikan jalan prajurit Majapahit ketika sedang terjadi pemberontakan Ronggolawe. Tidak sampai disitu, Desa Ngluyu juga terkenal dengan Legenda Mbah Gendong. Mitos yang beredar di masyarakat siapa saja yang berkunjung ke Ngluyu dilarang menggunakan jarit parangrusak sebab itu merupakan pakaian yang dikenakan Mbah Gendong dan tidak ada yang boleh menyamai pakaiannya. Apabila dilanggar maka orang tersebut akan disambar petir.
lorong Goa
Allahu aklam. Hanya Allah yang tau.

0 komentar:

Posting Komentar